Menu

Manfaat daun sukun untuk ginjal

November 14, 2015 | Daun Sukun

Manfaat daun sukun untuk ginjalInformasi Lengkap Tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Sukun Untuk Penyakit Ginjal

Bagi anda yang belum pernah memerlukan khasiat dari buah sukun, tentunya masih belum familiar pula dengan nama buah yang satu ini. Memang daun sukun ini ternyata sering digunakan untuk perihal kesehatan karena khasiatnya yang ternyata juga banyak. Karakteristik dari buah sukun ini adalah teksturnya yang tidak keras, seperti roti yang sudah matang dan juga tidak memiliki biji. Karena itu biasanya masyarakat Eropa menyebutnya dengan sebutan bread fruit atau bahasa indonesianya buah roti. Dan ternyata buah roti ini memiliki manfaat yang terdapat pada daunnya, salah satunya untuk ginjal.

Sedikit orang mengetahui manfaat daun sukun untuk ginjal, padahal bisa membantu banyak penyakit yang berkaitan dengan ginjal tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan mahal. Seperti tanaman yang memiliki buah lainnya, sukun ini seringkali diproses untuk dikonsumsi. Batang tanaman sukun ini pun tidak jarang digunakan sebagai material untuk perabotan rumah. Zat-zat yang terdapat dalam daun sukun seperti asam hidrosinat, riboflavin, asetilcolin, flavanoid sangat berguna untuk melawan sumber dari penyakit-penyakit beresiko.

Banyak penelitian yang bahkan sudah dilaksanakan untuk mencari dan mengetahui manfaat dari daun sukun yang dapat digunakan untuk obat herbal untuk mengatasi penyakit-penyakit seputar ginjal, salah satu manfaat daun sukun untuk ginjal. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan seorang peneliti dari Cina daun sukun ini bisa untuk mengobati penyakit sistem kardiovaskuler. Daun sukun bisa dipergunakan sebagai obat untuk mengobati keluhan seputar ginjal yakni dengan cara-cara berikut:

1. Siapkan beberapa lembar daun sukun yang baru dipetik;

2. Rebus dengan air sampai mendidih dengan kadar air secukupnya;

3. Saring dan dinginkan sebentar;

4. Lalu air dari hasil rebusan daun sukun ini diminum sebanyak 2 kali sehari guna mengurangi keluhan rasa sakit yang dirasakan seputar ginjal.

Berdasarkan pengalaman yang sudah dibuktikan, banyak orang yang memakai daun sukun ini untuk membantu mencegah dan menanggulangi berbagai macam gangguan kesehatan. Dan selain untuk membantu penyakit seputar ginjal, daun sukun juga bisa untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dan juga untuk mengurangi kadar gula darah. Alasan daun sukun ini banyak dipergunakan untuk membantu mengurangi, mencegah dan menanggulangi sakit ginjal adalah dikarenakan kandungan zat-zat saponin, asam hidrosianmat, kalium, polifenol, asetilkolin, riboflavin, flavanoid, tannin dan juga phenol dalam daunnya untuk gagal ginjal. Daun sukun dapat membantu membuat batu ginjal dengan bentuk Ca-oksalat yang tercerai berat dengan kandungan kalium yang terdapat di dalamnya. Pada akhirnya endapan dari batu ginjal ini akan keluar terekskresi bersamaan dengan ekskresi urin.

Meskipun hal ini belum pernah dibuktikan secara ilmiah hingga pada saat ini, penggunaan daun sukun bagi pengidap penyakit ginjal mengindikasikan perbaikan keadaan yang terlihat lebih baik. Perbaikan keadaan ini adalah mulai hilang dan berkurangnya pembengkakan dan juga menurunnya kandungan protein yang ada di dalam urin.

Daun sukun ternyata bukan hanya memiliki manfaat untuk penyakit seputar ginjal, namun memiliki manfaat juga untuk membantu mengatasi asam urat. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan kira-kira segenggam daun sukun yang sudah dikeringkan lalu setelah itu diseduh dengan air mendidih lalu ditambahkan dengan gula batu atau bisa juga madu asli guna membantu mengatasi rasa kecut atau pahit yang dirasakan dari mengkonsumsi getah daun sukun tadi. Kira-kira seperti itu lah manfaat daun sukun untuk ginjal.

Semoga informasi tentang manfaat daun sukun untuk ginjal ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Baca juga kami tentang beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun sukun ini di halaman: Kandungan daun sukun

Related For Manfaat daun sukun untuk ginjal