Menu

Manfaat daun seledri untuk wajah

December 5, 2015 | Daun Seledri

Khasiat dan manfaat daun seledri untuk wajahTahukah Anda Apa Saja Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Wajah?

Manfaat daun seledri untuk wajah tentunya akan dirasakan oleh setiap orang dalam beragam efek tergantung dari cara pemakaian, takaran dosis, maupun jenis kulit wajah yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa cara dan pemanfaatan seledri bagi wajah.

Menjaga elastisitas kulit wajah

Seledri mengandung 95% air dan antioksidan yang membantu detoksifikasi racun dari dalam tubuh selain meningkatkan regenerasi sel kulit mati. Kandungan berbagai vitamin dalam seledri seperti vitamin C, B, A, dan K juga membantu meningkatkan produksi kolagen kulit wajah. Dengan peningkatan kadar kolagen maka secara tidak langsung elastisitas dan kelembaban kulit wajah akan terjaga dalam waktu yang lama. Jika Anda ingin memanfaatkan seledri untuk pengencangan ataupun bahan anti aging, Anda dapat mengkonsumsi jus seledri campuran yang dibuat dari 15 helai daun seledri ditambah 30 gram brokoli, dan 3 sendok teh madu. Konsumsi jus campuran tersebut setidaknya sekali sehari 1 jam setelah makan secara teratur.

Mengatasi kulit berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, seledri juga dapat digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengurangi kadar minyak di wajah sehingga kulit wajah terlihat lebih lembab dan cerah. Selain mengandung aneka vitamin, seledri juga mengandung folat dan antioksidan yang akan membantu mengurangi produksi minyak di pori kulit akibat polusi udara atau debu. Terkait fungsi yang satu ini, selain dapat dilakukan dalam bentuk perawatan dalam menggunakan jus seledri, perawatan juga dapat dilakukan dengan hanya menghaluskan 5 helai daun seledri kemudian menggosok-gosokkan ramuan secara merata kekulit wajah. Biarkan hingga ramuan mengering di wajah sekitar 15 menit sambil dipijat lembut dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut rutin sekali sehari menjelang tidur.

Mencerahkan wajah

Kandungan senyawa seperti flavonoid, zinc, dan magnesium dalam seledri akan membantu untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Karena disamping meningkatkan peredaran darah kaya oksigen di lapisan kulit wajah, ketiga senyawa tersebut juga akan mempercepat regenerasi sel kulit mati sehingga bekas flek hitam maupun luka di wajah perlahan akan mulai memudar. Cara pemanfaatan seledri untuk mencerahkan kulit wajah selain diterapkan dalam bentuk masker seperti pada perawatan jerawat, juga dapat digunakan dalam bentuk mandi uap. Jika dimanfaatkan dalam bentuk mandi uap, caranya cukup dengan merebus 7-10 helai daun seledri dalam 500ml air dan dibiarkan hingga mendidih, tambahkan minyak teh sekitar 5 tetes dan saat hangat hadapkan wajah Anda kedalam baskom yang berisi air rebusan seledri sekitar 15 menit sambil memijat kulit wajah Anda, agar senyawa seledri dalam uap air meresap sempurna ke kulit wajah.

Mengempeskan jerawat bernanah

Salah satu permasalahan kulit wajah yang terkesan sepele namun jika dibiarkan akan terasa sangat mengganggu adalah masalah jerawat. Karena sensitivitas kulit wajah yang dimiliki seseorang tak jarang wajah orang tersebut mengalami jerawat seperti jerawat nanah ketika teriritasi polusi udara. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menagatasi permasalahan tersebut adalah seledri dimana tanaman yang satu ini dapat dimanfaatkan dengan cara menghaluskan 10 helai daun seledri kemudian mencampurnya dengan beberapa tetes minyak zaitun dan mengoleskan secara merata ke permukaan wajah. Tunggu hingga masker mengering sempurna sekitar 30 menit sebelum dibasuh dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut sekali sehari hingga jerawat mulai mengempis. Semoga bahasan tentang khasiat dan manfaat daun seledri untuk wajah diatas, akan makin menambah pengetahuan Anda tentang seledri.

Related For Manfaat daun seledri untuk wajah