Menu

Manfaat daun seledri untuk rambut rontok

December 5, 2015 | Daun Seledri

Manfaat daun seledri untuk rambut rontokPernahkah Anda Mencoba Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Seledri Untuk Mengatasi Rambut Rontok?

Manfaat daun seledri untuk rambut rontok mungkin belum banyak dicoba orang karena jika Anda membeli produk perawatan untuk rambut, tentunya jarang shampoo atau conditioner rambut yang menggunakan seledri sebagai komponen utamanya. Meski demikian bukan berarti seledri tidak dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada rambut seperti rambut rontok atau ketombe. Ketika Anda ingin memanfaatkan daun seledri untuk perawatan rambut, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dengan seledri:

Gunakan 10-15 daun seledri yang sudah dipotong kasar, rebus dalam 1000ml air dan tunggu hingga mendidih. Setelah matang saring ampas dan tambahkan sekitar satu sendok makan cuka, gunakan ramuan tersebut sebagai air bilasan rambut setelah keramas sambil dipijat lembut sehingga senaywa seledri lebih mudah meresap, diamkan sekitar 5 menit sampai terlihat mulai mengering dan bilas dengan air hangat. Agar hasil yang diperoleh maksimal, cobalah melakukan hal tersebut setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Tumbuk halus sekitar 10 helai daun seledri segar, oleskan pada rambut secara merata dan pijat perlahan hingga racikan daun seledri terasa meresap di kulit kepala. Bungkus kepala dengan menggunakan handuk kering, tunggu hingga ramuan mulai mengering sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini secara teratur seminggu sekali saat sore hari. Agar hasil yang diperlihatkan terasa lebih maksimal, Anda dapat juga menambahkan 30 gram lendir lidah buaya kedalam olahan seledri.

Potong kasar 10-15 lembar daun seledri, tambahkan 20 gram kemiri yang ditumbuk, dan 20ml minyak kelapa, rebus dalam 1000ml air, saring ampas bahan kemudian gunakan air rebusan untuk bilasan setelah keramas sambil dipijat perlahan dengan arah gerakan searah jarum jam. Lakukan cara tersebut setidaknya seminggu sekali.

Meski demikian, berbagai cara perawatan diatas baru dapat berhasil jika Anda juga melakukan beberapa hal seperti berikut:

Tidak berdiam terlalu lama dalam ruang berAC karena tempat tersebut dapat membuat kulit kepala Anda terasa cepat kering, terutama jika Anda tidak menggunakan tutup kepala. Kulit kepala yang kurang nutrisi atau kering akan mudah sekali mengalami kerontokan rambut

Tidak mengkonsumsi obat-obatan kimia berlebihan atau tanpa resep dokter, karena hal tersebut juga dapat memicu perontokan rambut.

Segera melepas kerudung ketika Anda berada didalam rumah dan menyemprotkan pelembab rambut untuk meningkatkan kelembaban dan menutrisi rambut.

Tidak melakukan pewarnaan rambut atau aplikasi lainnya (catok, pemberian wax, atau spray) terlalu sering, karena ghal tersebut dapat merusak kelembaban rambut alami.

Setelah mengetahui hal-hal diatas, jika ditanya apa saja kandungan senyawa dalam seledri yang mendukung pemanfaatan seledri sebagai obat perawatan rambut, kira-kira bagaimana jawaban Anda? Berikut adalah beberapa senyawa dalam seledri yang bermanfaat untuk kesuburan rambut.

Poliasetilena

Senyawa yang satu ini bertugas sebagai penyalur nutrisi vitamin kedalam kulit kepala sehingga nantinya kulit kepala seseorang lebih tahan terhadap polusi debu atau kotoran yang sering menjadi penyebab utama kerontokan rambut.

Flavonoid

Senyawa flavonoid adalah salah satu jenis senyawa antioksidan yang disamping dapat memelihara kesehatan organ tubuh juga dapat memelihara kesehatan akar rambut. Mengapa demikian? Hal tersebut tak terlepas dari fungsi flavonoid yang akan menghindarkan pori kulit kepala dari seranagn jamur atau bakteri yang mencemari kulit kepala bersama polusi udara. Seledri mengandung 30% flavonoid yang akan membantu menyehatkan rambut. Semoga pembelajaran tentang manfaat dan khasiat daun seledri untuk rambut rontok berguna bagi Anda.

Baca juga: Manfaat daun seledri untuk wajah

Related For Manfaat daun seledri untuk rambut rontok