Menu

Manfaat daun seledri untuk hipertensi

December 6, 2015 | Daun Seledri

Khasiat dan manfaat daun seledri untuk hipertensiKandungan Mineral Berikut Mendukung Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri Untuk Hipertensi

Manfaat daun seledri untuk hipertensi mungkin sudah banyak diketahui orang namun ketika Anda ditanya apa saja kandungan senyawa dalam tumbuhan seledri yang bermanfaat untuk mengobati hipertensi, bisa jadi Anda sendiri tidak yakin darimana harus mulai menjelaskannya. Seledri sendiri terdiri dari tiga bagian utama seperti daun, biji, dan akar yang sering digunakan untuk bahan pengobatan. Terkait dengan penyakit hipertensi, bagian tanaman seledri yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah daun. Cara pemanfaatannya dilakukan dengan beberapa cara seperti:

Menambahkan sekitar 5-10 irisan daun seledri kedalam sup atau olahan makanan lain yang tidak diolah dengan cara digoreng, atau langsung memakan mentah 2-3 lembar daun seledri sebagai campuran lalapan.

Merebus sekitar 10-15 daun seledri dalam 600ml air dan disisakan setengahnya untuk diminum rutin 2-3 kali sehari. Jika pahit umumnya dalam rebusan ditambahkan madu atau serutan kayu manis.

Menggiling atau menghaluskan 20 daun seledri yang kemudian diperas (sekitar 2-3 sendok makan) dan ditambahkan air hangat sekitar 100ml untuk diminum secara teratur 2-3 kali sehari.

Beberapa cara diatas tentunya akan membawa dampak penyembuhan yang berbeda pada setiap orang tergantung dari beberapa hal seperti tingkat keseriusan gejala yang dialami, daya tahan tubuh, maupun pola hidup (pola makan dan pola aktivitas) dari orang yang menderita penyakit. Namun tahukah Anda komponen mineral apa saja yang terkandung dalam seledri dan dapat membantu penyembuhan penyakit darah tinggi? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Sodium

Dalam tubuh senyawa sodium memiliki peran yang hampir sama dengan molibdenium yaitu membantu tubuh mengaktifkan enzim pencernaan yang berkaitan dengan pencernaan kolesterol atau senyawa lemak lainnya. Dengan demikian berbagai faktor pemicu munculnya gejala darah tinggi dapat dihindari oleh tubuh.

Minyak atsiri

Ketika Anda mendengar senyawa minyak atsiri, mungkin bagi orang awam yang tidak mengetahuinya akan terbayang komponen yang masih berhubungan dengan kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh. Namun minyak atsiri sebenarnya tergolong senyawa yang baik untuk tubuh. Senyawa yang satu ini akan membantu tubuh untuk meluruhkan endapan racun seperti kolesterol yang mengendap didalam darah, kemudian meningkatkan asupan nutrisi dan oksigen yang diserap oleh darah sehingga proses metabolisme tubuh berlangsung lancar dan tubuh tidak akan terasa gemetar karena tekanan darah tinggi.

Fosfor

Senyawa mineral lain yang terkandung dalam seledri adalah fosfor sekitar 40mg. Senyawa mineral yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, namun disamping itu komponen fosfor juga dapat membantu menyeimbangkan kadar nutrien yang dibawa dalam darah. Senyawa fosfor akan membantu menutrisi pembuluh darah maupun organ tubuh lainnya sehingga komponen nutrisi yang dibutuhkan masing-masing organ terpenuhi dengan baik. Sehingga mengkonsumsi setidaknya 30 daun seledri per hari akan mampu menjauhkan resiko hipertensi sekitar 30%.

Kalsium

Kalsium atau senyawa mineral makro yang secara kimiawi dilambangkan dengan huruf Ca banyak terdapat didalam tumbuhan hijau maupun buah. Kalsium tidak hanya memiliki fungsi untuk memperkuat tulang dan meningkatkan pembentukan komponen osteoblast namun juga dapat mengontrol tekanan darah. Kalsium akan berperan sebagai prekursor kelenjar pineal untuk menstabilkan kadar hormon melatonin dalam tubuh, sehingga tekanan darah tetap stabil meski aktivitas cukup padat, karena jika tidak dijaga dengan baik, kekurangan hormon melatonin akan meningkatkan efek katarak maupun aritmia jantung selain hipertensi. Semoga informasi tentang khasiat dan manfaat daun seledri untuk hipertensi diatas menambah pengetahuan Anda.

Baca juga: Khasiat daun seledri untuk diet

Related For Manfaat daun seledri untuk hipertensi