Menu

Manfaat daun seledri untuk darah tinggi

December 10, 2015 | Daun Seledri

Manfaat daun seledri untuk darah tinggiKomponen Senyawa Berikut Mendukung Manfaat Daun Seledri Untuk Darah Tinggi

Manfaat daun seledri untuk darah tinggi mungkin sudah mulai dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari terutama oleh kalangan masyarakat yang lebih percaya tentang teknik pengobatan secara tradisional dengan bahan alami dibandingkan dengan obat medis. Hal tersebut umumnya karena anggapan bahwa penggunaan bahan alami selain lebih murah juga lebih efektif dan tanpa efek samping. Jika Anda ingin memanfaatkan daun seledri, ada beberapa cara yang dapat dimanfaatkan untuk mengkonsumsinya:

Menumbuk 20 daun seledri kemudian memeras airnya dan langsung diminum dengan satu sendok makan madu jika pahit, jika tidak dapat pula ditambahkan air hangat 100ml dan dikonsumsi setiap 1 jam setelah makan 2-3 kali sehari.

Memotong kasar 10-15 daun seledri kemudian merebusnya bersama dengan 600ml air, sisakan hanya setengahnya, saring kemudian diminum 2-3 kali sehari. Agar tidak terasa pahit, Anda dapat menambahkan sedikit gula asam, kayu manis, atau madu sesuai selera.

Mencuci bersih daun seledri kemudian mengkonsumsinya sebagai lalapan setidaknya 3 lembar per hari.

Dari berbagai cara konsumsi diatas, Anda akan mendapatkan khasiat daun seledri berupa senyawa seperti berikut:

Asparagine apigenin

Senyawa asparagine apigenin yang terdapat didalam seledri adalah salah satu bentuk dari protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel tubuh yang rusak akibat penyakit tekanan darah tinggi. Sistem kerja senyawa didukung oleh berbagai jenis mineral yang diserap oleh darah sehingga sel-sel dalam pembuluh darah dapat bekerja cepat melakukan metabolisme dan penggantian sel yang baru. Dengan demikian, berbagai gejala yang sering dialami pada saat penyakit darah tinggi menyerang seperti pusing, jantung berdebar kencang, mual dan muntah dapat diatasi segera.

Magnesium

Senyawa mineral dalam bentuk magnesium memiliki beberapa fungsi terkait penyakit darah tinggi. Senyawa ini akan meningkatkan kontraksi otot jantung yang semula bermasalah sehingga pasokan oksigen dan mineral lainnya untuk proses metabolisme sel cukup. Disamping itu, magnesium berperan untuk merawat dan meningkatkan transmisi sinyal organ ke saraf otak sehingga serangan stroke yang umumnya menjadi ancaman terbesar penderita darah tinggi dapat dihindari. Komponen yang satu ini terdapat dalam seledri dalam kadar 5 mg setiap 100 gram saji seledri.

Saponin

Senyawa yang satu ini memiliki banyak fungsi untuk berbagai sistem dalam tubuh sebagai upaya untuk menghindarkan seseorang dari gejala darah tinggi. Selain mendukung kinerja minyak atsiri untuk membersihkan pembuluh darah, senyawa ini juga akan merangsang relaksasi pembuluh darah sehingga ruang kontraksi semakin lebar. Dengan demikian oksigen dan senyawa nutrisi yang diangkut semakin banyak. Tak hanya itu, saponin akan melindungi kinerja organ lain seperti organ pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi demi penyembuhan darah tinggi berlangsung lebih cepat.

Flavonoid

Senyawa yang satu ini termasuk golongan senyawa antioksidan yang terkandung didalam seledri dan bermanfaat meningkatkan ketahanan tubuh, disamping membantu meredakan gejala nyeri yang dialami oleh beberapa penderita darah tinggi. Flavonoid akan meningkatkan produksi hormon dalam tubuh yang berkaitan dengan proses relaksasi dan kinerja saraf sehingga tubuh tidak akan mudah merasakan gejala darah tinggi meski aktivitas yang dilakukan sangat padat. Senyawa yang satu ini juga dapat membantu peran minyak atsiri dalam seledri untuk meluruhkan endapan racun yang terdapat dalam pembuluh darah sehingga asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh semakin banyak. Semoga pembahasan tentang manfaat daun seledri untuk darah tinggi diatas, semakin menambah pengetahuan Anda. Selain itu anda bisa baca juga artikel tentang manfaat daun seledri untuk hipertensi

Related For Manfaat daun seledri untuk darah tinggi