Menu

Manfaat daun pepaya untuk jerawat

November 25, 2015 | Daun Pepaya

Khasiat daun pepaya untuk jerawatKhasiat Dan Manfaat Daun Pepaya untuk Jerawat Membandel di Wajah

Pepaya dikenal sebagai buah tropis yang sarat akan manfaat. Buahnya dapat digunakan sebagai makanan maupun obat untuk beberapa penyakit. Daunnya yang dikenal pahit sering kita temukan sebagai lalapan atau pelengkap sayuran. Ternyata, daun pepaya juga memiliki fungsi sebagai bahan baku untuk kosmetik alami, seperti masker pembasmi jerawat. Manfaat daun pepaya untuk jerawat inilah yang sepertinya belum diketahui banyak orang.

Di bawah ini ada penjelasan singkat tentang cara penggunaan dan manfaat daun pepaya untuk jerawat.

Manfaat Daun Pepaya untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan suatu kondisi pada permukaan kulit di mana pori-pori tersumbat, sehingga menimbulkan benjolan-benjolan kecil. Benjolan ini umumnya terasa sakit dan mengandung lemak atau nanah. Jerawat pun sering muncul pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas atau perempuan sebelum memasuki masa menstruasi. Dalam keadaan apapun, jerawat tetap dinilai menganggu hingga sanggup menurunkan kadar percaya diri seseorang.

Maka, salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat adalah dengan memakai daun pepaya. Selain mudah didapatkan, cara mengolahnya pun tidak terbilang sulit. Anda perlu menyiapkan daun pepaya tua dan menjemurnya hingga layu. Selepas proses penjemuran, Anda dapat menumbuk daun pepaya tadi hingga menjadi halus. Kemudian, tambahkan air hangat dengan takaran sendok makan. Peras campuran daun pepaya tumbuk tadi hingga Anda mendapatkan sari daun pepaya.

Manfaat daun pepaya untuk jerawat terletak pada sari tersebut. Anda dapat megoleskannya pada wajah dan diamkan selama beberapa menit hingga kering dan bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal, Anda perlu menggunakan sari pepaya tersebut secara rutin. Misalnya satu atau dua kali seminggu. Selain itu, mengiringinya dengan gaya hidup sehat pun akan membantu Anda dari serangan jerawat berkali-kali pada wajah.

Kandungan Daun Pepaya

Selain menghilangkan jerawat, penggunaan sari daun pepaya pun dapat menghilangkan noda atau flek hitam bekas jerawat yang sulit hilang. Secara tidak langsung, daun pepaya juga bertindak sebagai pembersih alami bagi wajah Anda. Sayangnya, belum banyak produk kecantikan yang menggunakan daun pepaya sebagai salah satu bahan dasarnya. Kendati demikian, Anda cukup beruntung jika memiliki pohon pepaya di kebun, sehingga Anda tak perlu repot untuk mencari daun pepaya dan mengolahnya menjadi kosmetik alami.

Lantas, kandungan apa saja yang terdapat pada daun pepaya, sehingga sanggup menyehatkan wajah Anda? Selain mengusir ketombe dari kulit kepala, karpain juga dapat menghalangi masuknya mikroorganisme maupun racun pada permukaan kulit wajah. Sehingga, wajah Anda bukan hanya tampak bersih dari jerawat atau kondisi lainnya, tetapi juga terlindungi dari ancaman tadi. Senyawa ini juga yang bertindak dalam menghilangkan noda hitam pada wajah.

Selain itu, daun pepaya pun memiliki beberapa kandungan enzim seperti khimoprotein, papain, dan lisozim. Enzim-enzim ini yang sebenarnya menimbulkan rasa pahit saat kita menyantap daun pepaya. Di sisi lain, mereka punya peranan penting dalam membasmi bakteri dan kotoran yang menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Maka, dengan kandungan enzim ini, daun pepaya menjamin wajah Anda terlihat elok, sekaligus terjamin kesehatannya.

Namun, tahukah Anda jika getah pada pepaya pun dapat menghilangkan jerawat pada wajah? Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup oleskan getah dengan kapas pada wajah Anda yang telah dibersihkan, tunggu hingga kering, lalu bilas sampai bersih. Semoga manfaat daun pepaya untuk jerawat berguna untuk Anda! Baca juga: Khasiat daun pepaya untuk diet

Related For Manfaat daun pepaya untuk jerawat