Menu

Inilah 8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Berikut Kandungannya

February 4, 2018 | Daun Lainnya

Daun katuk, pastinya sudah sangat familiar kan dengan daun satu ini. Tanaman daun katuk lazim dijumpai sebagai tanaman pagar atau tanaman liar yang sering tumbuh dipekarangan rumah. Dan karena daun ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan masakan dan juga untuk obat, maka keberadaannya tak pernah dianggap mengggangu.

Kandungan Gizi Daun Katuk

Daun katuk memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi, salah satu yang paling terkenal ialah khasiatnya untuk memperlancar ASI. Nah, sebelum membahas satu persatu manfaat dari daun katuk ini, ada baiknya jika kita lebih dulu mengetahui kandungan gizi apa saja yang terdapat pada daun katuk. Berikut beragam jenis kandungan sehat yang terdapat pada 100 gram daun katuk:

  • Energi 59 kkal.
  • Protein 4,8 gram.
  • Karbohidrat 11 gram
  • Kalsium 204 mg.
  • Lemak 1 gram.
  • Zat besi 3 mg.
  • Fosfor 83 mg.
  • Vitamin A 10370 IU
  • Vitamin C 239 mg.
  • Vitamin B1 0,1 mg.

Kandungan vitamin C pada daun katuk terbukti jauh lebih tinggi dibandingkan kadar vitamin C pada buah jambu biji dan jeruk, dengan kandungan vitamin C yang tinggi serta efedrin yang terdapat dalam daun katuk, membuatnya dapat mengobati influenza. Kandungan senyawa polifenol dan steroid dalam daun katuk berfungsi sebagai stimulus hormon prolaktin, yakni hormon yang mengatur produksi ASI.

Manfaat Daun Katuk bagi Kesehatan Tubuh

Menilik dari berbagai kandungan gizi dan senyawa yang terkandung dalam daun katuk diatas, tak heran jika daun ini memiliki banyak khasiat. Nah, berikut beberapa diantaranya:

  1. Ampuh Melancarkan ASI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daun katuk memiliki beberapa senyawa seperti flavonoid, saponin, polifenol, steroid dan saponin dimana senyawa-senyawa ini berguna untuk meningkatkan hormon yang mengatur produksi ASI pada ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Bahkan, kepercayaan masyarakat akan manfaat daun katuk untuk ibu menyusui ini sudah turun temurun sejak jaman dahulu kala sebelum dunia kedokteran semaju sekarang.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam 100 gram daun katuk yang mencapai 239 mg sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga ampuh dalam mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan imunitas, seperti sariawan, influenza, radang tenggorokan dan masih banyak lagi. Vitamin C juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mencegah kanker dan menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengobati anemia.

Meski hanya 3 mg, namun jumlah zat besi yang terkandung di dalam daun katuk cukup bisa diandalkan untuk mengobati penyakit anemia atau penyakit yang diakibatkan karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Konsumsi daun katuk setiap hari dengan cara direbus dan diminum sekali sehari.

  1. Mengembalikan kepadatan tulang.

Kalsium yang terkandung di dalam 100 gram daun katuk lebih banyak dibandingkan dengan segelas susu segar, yaitu kurang lebih 204 mg. Bagi Anda yang kurang suka dengan susu, maka asupan kalsium bisa diperoleh dari daun katuk. Seperti yang kita tahu, kalsium membantu mengembalikan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis bagi orang dewasa dan lansia. Sedangkan bagi anak-anak, kalsium dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

  1. Menjaga kesehatan mata.

Tak hanya kandungan vitamin C-nya saja yang tinggi, daun katuk juga memiliki banyak kandungan vitamin A sama seperti buah pepaya. Vitamin A mempunyai fungsi utama untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah beberapa penyakit mata. Vitamin A juga bermanfaat untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

  1. Membersihkan darah kotor.

Para ahli herbal menyarankan untuk mengonsumsi daun katuk secara rutin bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan darah kotor seperti jerawat, gatal-gatal, bisul dan beberapa penyakit pada kulit lainnya.

  1. Mempercepat penyembuhan luka.

Daun katuk kaya akan vitamin K. Vitamin K ini bermanfaat untuk mempercepat pembekuan darah sehingga secara otomatis dapat mempercepat penyembuhan luka terbuka juga.

  1. Mengatasi sembelit.

Daun katuk juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain dapat dikonsumsi dengan cara dibuat sayur bening, air rebusan daun katuk juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan berupa susah buang air besar (sembelit).

Baca juga: Inilah 9 Manfaat Tersembunyi dari Daun Jintan untuk Kesehatan

Nah, demikian diata berbagai macam manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh. Dan masih ada lagi beberapa manfaat daun katuk lainnya, seperti untuk menjaga stamina dan vitalitas pria serta sebagai obat untuk darah rendah.

Related For Inilah 8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Berikut Kandungannya