Menu

6 Manfaat Daun Encok untuk Kesehatan Berikut Ciri Ciri dan Kandungannya

February 2, 2018 | Daun Lainnya

Daun encok merupakan tanaman yang berasal dari Sri Lanka dan tumbuh subur di wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia serta kepulauan Pasifik. Daun encok dapat tumbuh secara liar di ladang, maupun di dekat saluran air. Meski terlihat seperti tanaman liar, nyatanya daun encok memiliki beragam manfaat.

Ciri-Ciri Daun Encok

Daun encok memiliki ciri-ciri berbatang panjang, becabang, bulat, beralur dan licin, tingginya 60-200 cm, daunnya tunggal dan berseling. Memiliki buah kecil berwarna hijau saat muda dan hitam saat tua dengan bunga majemuk keluar dari ujung tangkai berwarna putih dengan jumlah kelopak 5.

Kaandungan Daun Encok

Kandungan senyawa yang terdapat pada daun encok ada beberapa macam. Mulai dari chloro plumbagin, metoksilin, suberosin, komarin seselin, khitranon, droseron dan plumbagin. Dengan beragam kandungan diatas, daun encok mempunyai sifat atau bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut :

  • Sebagai analgetik (pereda rasa sakit dan nyeri).
  • Sebagai anti-inflamasi (anti peradangan).
  • Sebagai diuretik (melancarkan buang air kecil).
  • Sebagai anti bakteri (dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya).
  • Sebagai anti-oksidan (penangkal radikal bebas).
  • Sebagai anti-piretik (penurun demam).
  • Mengatasi rasa nyeri dan mengobati reumatik.
  • Mengatasi keseleo dan salah urat.
  • Mengobati rasa nyeri pada perut.
  • Mengatasi luka memar atau lebam pada kulit.

Daun encok memiliki beberapa nama di Indonesia, seperti misalnya ki encok (Sunda), kemudian bama/posor (Jawa), ceraka (Sumatera), Bama (Bali), kareka (Madura), dan White Flowerd leadwort (Inggris).

Manfaat Daun Encok

Ada banyak manfaat daun encok untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Mengobati reumatik.

Ambil satu genggam daun encok, lalu cuci hingga bersih dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga menyerupai tekstur bubur. Oleskan adonan tersebut pada bagian yang sakit setidaknya 2 kali sehari. Atau bisa juga dengan menumbuk 15 gram daun encok dengan 1 sendok makan kapur sirih kemudian oleskan pada bagian yang sakit.

  1. Mengatasi sakit kepala.

Bagi Anda yang sedang mengalami sakit kepala, daun encok juga sangat berkhasiat untuk mengatasi permasalahan Anda tersebut. Caraya adalah dengan menyediakan daun encok secukupnya, lalu ditumbuh kasar, tambahkan sedikit minyak kelapa, aduk hingga menjadi adonan  bubur lalu letakkan pada sisi kepala yang sakit maksimal 30 menit saja agar kulit Anda tidak melepuh.

Selain itu, cara lain memanfaatkan daun encok adalah dengan menyediakan daun encok yang masih segar, cuci hingga bersih, tambahkan minyak kelapa lalu dilayukan di atas api. Baru setelahnya dioleskan pada bagian belakang telinga.

  1. Melancarkan buang air kecil.

Cara mengatasi susah buang air kecil dengan daun encok adalah dengan mencampurkan 1 genggam daun encok, tambahkan adas pulosari kemudian haluskan bersamaan. Gosokkan ramuan daun encok dan adas pulosari tersebut di bagian bawah perut maksimal 30 menit.

  1. Mengurangi nyeri akibat luka memar atau lebam.

Karena kandungan anti-inflamasi dan analgetik dari daun encok, maka bisa daun ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rasa nyeri akibat luka lebam atau memar.

  1. Mengobati kanker darah.

Tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat, akar daun encok pun juga bisa berguna, yakni untuk mengatasi kanker darah. Caranya adalah dengan mencampurkan akar daun encok dengan beberapa jenis bahan lain seperti biji Livistona chinensis,Verbena officinalis, Hedyotis diffusa (rumput lidah ular), masing-masing 30 gram, serta Spica prunellae (xia ku caol daritumbuhan Prunella vulgaris L.) sebanyak 15 gram.

Caranya adalah dengan merebus akar daun encok selama 4 jam, gunakan air seperlunya, rebus hingga menyusut. Diamkan sebentar, baru setelahnya tambahkan bahan-bahan lainnya. Didihkan lagi selama 30 menit. Bagi menjadi 3 bagian untuk diminum saat pagi, siang dan sore hari.

  1. Mengobati kusta, scabies dan penyakit kulit lainnya.

Daun encok juga terbukti dapat mengatasi beberapa macam masalah kulit, di antaranya adalah kusta dan scabies. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun encok yang sudah dicuci bersih, lalu tambahkan sedikit air dan susu. Aduk rata lalu diamkan hingga dingin, baru setelahnya diminum 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas.

Baca juga: Inilah 10+ Manfaat Daun Duduk untuk Kesehatan Berikut Ciri Cirinya

Bagaimana? Cukup banyak bukan manfaat dari  tanaman liar yang seringkali diabaikan ini. Anda bisa mencobanya di rumah.

Related For 6 Manfaat Daun Encok untuk Kesehatan Berikut Ciri Ciri dan Kandungannya