Menu

Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

January 21, 2016 | Khasiat Lainnya

Manfaat Bunga Pepaya Untuk kesehatan

Apapun yang ada dalam pohon buah pepaya ternyata mempunyai manfaat, baik itu dari daun, bunga dan akarnya. Jika berbicara mengenai bunga pepaya, kebanyakan orang akan membayangkan rasa pahit, padahal sebenarnya pengolahan bahan makanan tersebut bisa diolah sampai rasa pahitnya hilang. Bunga pepaya mempunyai bentuk yang menyerupai terompet kecil. Mempunyai warna kuning pucit atau putih dan lengkap dengan tangkainya. Bunga tersebut tumbuh di batas namun di buah pepaya yang jantan, bunga akan tumbuh menjadi lebih panjang. Bunga pepaya mengandung alkhaloid charpein, tatanin, triterpenoid, falavanoid, streroid, serat alami dan karbohidrat.

Baca juga:

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan

a. Memperbaiki nafsu makan

Ketika buah hati sedang mengalami masalah dalam hal nafsu makan, maka bunga pepaya bisa menjadi solusi obat untuk anak Anda. menggunakan bunga pepaya bertujuan untuk memperbaiki nafsu makan, hal tersebut sudah banyak dibuktikan oleh masyarakat Indonesia, bahkan hasilnya nyari ampuh untuk memperbaiki nafsu makan yang bermasalah.

b. Menangkal radikal bebas

Bunga pepaya juga mengandung antioksidan, antioksidan berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas timbul dari polusi lingkungan yang menjadikan timbulnya penyakit untuk kesehatan Anda.

c. Mencegah diabetes

Bunga pepaya sampai saat ini dipercaya membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh yang menjadikan seseorang mengalami diabetes. Walaupun demikian, namun sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukan bahwa bunga pepaya bisa mengatasi diabetes. Namun nenek moyang jaman dulu banyak mengkonsumsi bunga pepaya, agar kadar gula dalam tubuh bisa dikontrol.

d. Menurunkan kolestrol

Bunga pepaya juga terbukti banyak mengandung folat dan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kolestrol. Dengan mengkonsumsi buah pepaya, maka tubuh akan mendapatkan asupan folat dan antioksidan.

Cara mengolah bunga pepaya

Nah ulasan di bawah ini akan dibahas tentang cara – cara penyajian bunga pepaya agar tidak pahit. Karena banyak orang yang beranggapan bahwa bunga pepaya itu pahit, sehingga enggan untuk dikonsumsi.

Bahan : 250 gram bunga pepaya, 50 gram teri, 4 siung bawah merah, 3 siung bawang putih, 2 buah cabe dan diiris, 1 sendok asam jawa, air secukupnya.

Cara : cuci bunga pepaya sampai bersih, agar rasa pahit bisa hilang, siapkan panci lalu masukkan air dan biarkan sampai mendidih. Selanjutnya masukan asam jawa dan bunga pepaya, diamkan beberapa saat, namun jangan sampai bunga pepaya terlalu matang nantinya. Siapkan wajan, dan tumsi bumbu – bumbunya yang sudah disiapkan. Jika aroma harum sudah muncul, masukan rebusan bunga pepaya, tambah sedikit air pada tumisan dan bunga pepaya. Biarkan bumbu meresap ke dalam bunga pepaya. Lalu masukkan teri dan campur, tambah sedikit air, dan diamkan selama lima menit. Tumis bunga pepaya tanpa ada rasa pahit sudah bisa dinikmati. Semoga dengan adanya artikel ini akan membantu Anda benar – benar mendapatkan manfaat bunga pepaya untuk kesehatan.

Simak juga: Manfaat akar pepaya

Related For Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan