Menu

Klasifikasi dan jenis daun sirih

October 26, 2015 | Daun Sirih

Mengenal jenis jenis dan Klasifikasi daun sirih

Siapa yang tidak mengenal daun sirih? Daun sirih yang banyak digunakan sebagain antiseptik ini ternyata memiliki banyak jenis lho. Tidak hanya jenisnya yang beragam, ternyata daun sirih juga memiliki manfaat yang bermacam macam ada yang digunakan sebagai tanaman obat dan ada juga yang memiliki fungsi sebagai tanaman hias. Beberapa jenis dari tumbuhan sirih dibagi dalam klasifikasi daun sirih berikut ini:

Klasifikasi daun sirih

Jenis wulung

Sirih wulung adalah daun sirih yang tergolong langka. Sirih wulung disebut juga dengan sirih Kraton, ciri ciri utamanya adalah munculnya warna ungu dari daun ketika daun tersebut dipancari dengan sinar senter dari bawah.

Jenis Putih

Sirih putih adalah tumbuhan sirih yang memiliki daun hijau dan bertotol warna putih. Daun sirih putih memiliki warna putih yang ketika tua akan hilang dan digantikan warna hijau. Daun ini biasanya dimanfaatkan sebagai syarat ritual

Jenis perak

Jika sirih biasanya digunakan sebagai tanaman obat maka sirih yang satu ini memiliki fungsi yang berbeda di Indonesia, yaitu sebagai tanaman hias.

Jenis Philipin

Sirih ini merupakan salah satu sirih yang langka, cirinya mirip dengan sirih merah. Yang membedakan adalah bagian bawah dari sirih philipin ini tidak berwarna merah.

Jenis gading

Sirih gading sering juga disebut dengan sirih kuning. Sirih ini meiliki penampakan yang mirip dengan sirih hijau bedanya warnanya lebih muda dan menjurus ke warna kuning seperti pupus daun. Sirih ini berfungsi untuk pengobatan.

Jenis Jalu

Jika sirih gading memiliki warna kuning di seluruh daunnya, sirih jalu memiliki warna kuning di sekitar pangkal dan tengah daunnya sehingga menambahkan kecantikan dari tanaman sirih ini.

Jenis Irian

Disebut juga dengan sirih lalapan karena jenis sirih ini banyak digunakan sebagai lalapan. Sirih ini memiliki ciri daun yang lebar

Jenis hati

Berkebalikan dengan sirih irian yang memiliki daun yang lebar, sirih hati merupakan sirih yang bisa dianggap sebagai sirih terkecil. Hal ini disebabkan karena batang dan daun yang dimiliki sirih ini sangat kecil hanya seukuran uang koin 100 rupiah.

Jenis hitam

Sirih hitam adalah salah satu jenis sirih yang memiliki banyak manfaat, sirih hitam ini memiliki ciri daun yang hitam meski telah mengalami proses pengeringan.

Jenis merah

Jika sirih silver biasnaya hanya digunakan sebagai obat obatan, sedangkan sirih hitam banyak digunakan sebagai bahan pengobatan. Maka sirih merah ini memiliki 2 fungsi tersebut. Sirih merah adalah sirih yang banyak digunakan untuk hiasan dirumah dan juga dimanfaatkan sebagai pengobatan.

Jenis darah

Sirih darah disebut juga dengan sirih wulung part 2 karena bentuk morfologinya yang hampir sama. Sirih ini juga termasuk sirih langka sehingga tidak banyak digunakan sebagai bahan pengobatan.

Manfaat Tumbuhan sirih

Setelah mempelajari klasifikasi daun sirih maka mari kita melihat manfaat dari tumbuhan sirih secara keseluruhan.

Mencegah bau mulut dan kerusakan pada gigi

Daun sirih adalah daun yang sangat terkenal sebagai antiseptik oleh karena itu dengan mengunyah atau berkumur dengan air rebusan daun sirih akan membuat bakteri penyebab keruskan gigi dan juga penyebab bau mulut akan mati.

Menyembuhkan keputihan

Satu lagi penyakit pada manusia yang muncul karena adanya infeksi bakteri atau mikro organisme yaitu penyakit keputihan. Dengan menggunakan air rebusan sirih anda bisa mengurangi penyakit keputihan anda.

Related For Klasifikasi dan jenis daun sirih