Menu

Klasifikasi daun salam

December 1, 2015 | Daun Salam

Klasifikasi daun salamKlasifikasi Daun Salam Dan Beberapa Manfaat & Khasiatnya

Klasifikasi daun salamDaun salam ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang daunnya banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun selain itu masih ada banyak sekali manfaat lainnya yang ada dalam daun ini. Daun ini dapat Anda temui dengan mudah, terutama di dapur atau di pasar, itu karena daun ini banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Klasifikasi daun salam

Daun salam ini mempunyai nama ilmiah Syzygium polyanthum, sedangkan orang Inggris sendiri menyebut daun ini sebagai Indonesian Bay-leaf, karena daun ini hanya ada di Indonesia saja. Daun ini termasuk ke dalam kelas Magnoliopsida, ordo Myrtales, Famili Myrtaceae dan genus Syzygium.

Ciri-ciri daun salam

Sedangkan cirri-ciri dari tanaman ini adalah pohonnya tidak terlalu tinggi,hanya sekitar 30 cm hingga 60 cm. Kulit batang berwarna coklat dan sedikit bersisik.

Untuk bagian daun mempunyai bentuk tunggal yang saling berhadapan, dengan ukuran tangkai sekitar 12 mm. Helai daun salam ini berbentuk lonjong, dan menyempit pada bagian ujung daun. Jika dilihat lebih teliti daun salam sendiri mempunyai urat daun yang cukup jelas, sejajar, dan terlihat seperti ada kelenjar minyak halus di dalam daun tersebut.

Tanaman ini juga memiliki bunga yang berupa malai. Jumlah kuntum bunga yang ada dalam setiap batang sekitar 2 hingga 8 buah. Bunga-bunga ini biasanya muncul pada bawah daun, atau pada ketiak daun. Bunga salam ini bentuknya kecil-kecil dan memiliki aroma yang cukup wangi. Dalam setiap bunga terdapat sekitar 4 kelopak yang berbentuk seperti mangkuk. Jika sudah berubah menjadi buah, maka buah salam ini berbentuk bulat, sekitar 12mm, berwarna merah hingga ungu kehitaman, jika sudah masak.

Cara menanam daun salam

Cara menanam tanaman ini juga tidak terlalu sulit. Anda dapat melakukan stek, pada tanaman ini. Jika ingin tanaman ini tmbbuh subur, tidak ada salahnya jika dipupuk secara rutin, ada baiknya jika menggunakan pupuk dari bahan organik, agar hasilnya menjadi semakin baik.

Kandungan senyawa daun salam

Adapun kadnungan senyawa dalam tanaman ini adalah vitain A, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, asam folat, zat besi, magnesium, potassium, riboflavin, sodium, potassium, kalsium, seng, zat besi, selenium, tembaga, magnesium, fosfor, mangan, dll.

Kegunaan daun salam sebagai bumbu masakan

Seperti Anda ketahui daun dari tanaman ini digunakan sebagai bumbu masakan. Ada banyak sekali manfaat yang akan didapat ketika sebuah masakan menggunakan daun salam ini, seperti dapat digunakan sebagai penyedap sebuah masakan, dapat digunakan sebagai pewangi masakan, dan juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar garam dalam sebuah masakan. Ini juga yang akan membuat sebuah masakan menjadi berbeda ketika meggunakan daun yang satu ini.

Kegunaan daun salam sebagai obat

Daun salam juga dapat dijadikan sebagai obat untuk beberapa macam penyakit. Selain itu daun salam juga dapat digunakan sebagai ;

Antiinflamasi alami

Daun salam ini mengandung parthenolide yang dapat mengurangi terjadinya inflamasi pada tubuh.

Menjaga system pencernaan

Daun salam ini juga mengandung senyawa organik yang dapat menyelesaikan berbagai macam masalah pada system pencernaan, ini juga yang membuat seseorang yang terkena diare dapat disembuhkan dengan meminum air rebusan daun salam.

Dapat mencegah kanker

Daun salam ini mempunyai kandungan antioksidan, dan kandungan lainnya, ini yang akan menjaga daya tahan tubuh, agar menjadi kuat terhadap berbagai radikal bebas.

Dapat mendetoksifikasi racun

Berbagai macam senyawa yang ada dalam daun ini dapat membuat ginjal menjadi bersih. Karena daun ini bersifat diuretik.

Demikianlah klasifikasi daun salam, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Baca juga: Efek samping daun salam

Related For Klasifikasi daun salam