Menu

Khasiat daun sukun untuk diabetes

November 15, 2015 | Daun Sukun

Khasiat daun sukun untuk diabetesAnda penderita diabetes? Cobalah simak Manfaat dan  Khasiat daun sukun untuk diabetes

Apa itu sukun? Memang buah yang satu ini masih asing terdengar di kuping bagi kita yang belum pernah merasakan khasiatnya. Buah sukun sendiri biasanya diproses untuk berbagai macam hidangan, mungkin yang paling sering kita jumpai adalah dalam bentuk makanan ringan keripik. Tapi apa benar sukun ada khasiatnya? Lebih tepatnya daun sukun lah yang menyimpan banyak manfaat dan khasiat sebagai obat herbal untuk beragam penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes. Seperti apa manfaat dan khasiat daun sukun ini?

Berikut penemuan baru khasiat daun sukun untuk diabetes. Beberapa waktu silam seorang peneliti asal cina melakukan suatu riset modern terhadap daun sukun dan dari hasil penelitiannya ia menemukan kenyataan bahwa daun sukun sangatlah bermanfaat untuk pengobatan penyakit sistem kardiovaskular. Pada umumnya obat-obatan herbal awalnya di proses dengan cara di rebus lalu diminum airnya atau dengan cara menjemur daunnya hingga kering. Manfaat dan fungsi daun sukun dalam menyembuhkan penyakit beresiko seperti penyakit ginjal, asam urat sampai diabetes dapat dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya. Zat-zat natural seperti asam hidrosinat, tanin, flavanoid, riboflavin, asetilcolin yang berkhasiat untuk melawan dan mencegah sumber penyakit yang memiliki resiko.

Menurut hasil dari sebuah penilitian di Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, daun sukun ini menyimpan kandungan flavanoid yang ternyata adalah senyawa yang bersifat anti diabetes kuat. Sifat anti diabetes yang kuat ini tentu dapat meringankan kadar gula dalam darah di tubuh anda, sehingga mengurangi resiko anda untuk terkena diabetes dan membantu mengatasinya bagi anda yang sedang mengidap diabetes.

Senyawa flavanoid ini memiliki turunan seperti senyawa artoindosianin dan quercetin yang memiliki fungsi sebagai zat antioksidan dan sering dipakai sebagai komponen aktif dalam berbagai macam obat dan teh herbal. Teh sukun sendiri diproses dengan metode ekstraksi kandungan zat aktif dari dalam daun sukun. Pada proses pembuatan serbuk teh dilakukan dengan tata cara metode evaporasi vakum guna mencegah akan terjadinya kerusakan dari zat-zat antioksidan yang ada di dalam ekstrak daun sukun, sehingga proses akan menghasilkan produk teh yang makmur akan antioksidan. Kita juga bisa merasakan khasiat daun sukun ini di rumah tanpa harus bersusah-payah membeli atau bahkan memproses sendiri dengan metode evaporasi vakum tadi. Berikut adalah langkah-langkah memproses daun sukun agar bisa dikonsumsi menjadi obat yang berkhasiat dan memunculkan Khasiat daun sukun untuk diabetes:

1. Sediakan tiga lembar daun sukun yang berwarna hijau tua, usahakan yang masih melekat di dahan pohon;

2. Bersihkan dengan air, iris kecil-kecil lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering;

3. Siapkan juga wadah dan isi dengan air bersih kira-kira sebanyak dua liter. Usahakan wadah terbuat dari gerabah tanah liat, namun bila tidak memungkinkan anda bisa memakai panci berbahan stainless steel;

4. Lalu masukkan dan rebus daun sukun yang sudah kering tadi ke dalam wadah yang telah disiapkan;

5. Rebus terus dan tunggu sampai airnya tinggal setengah.

6. Setelah itu masukkan lagi air bersih sebanyak satu liter lalu rebus lagi hingga separuh.

7. Biarkan mendingin

Jangan lupa untuk meminum air dari daun sukun yang telah anda proses tadi secara teratur setiap hari untuk menyembuhkan dan atau mencegah diabetes serta menurunkan kandungan kolesterol dalam darah. Selamat mencoba dan rasakan sendiri manfaat dan khasiat daun sukun untuk diabetes.

Semoga lekas sembuh. Baca juga artikel tentang: Manfaat daun sukun untuk ginjal

Related For Khasiat daun sukun untuk diabetes