Menu

Kandungan daun pepaya dan khasiatnya

November 22, 2015 | Daun Pepaya

Kandungan daun pepayaRagam Kandungan Daun Pepaya Dan Efek Farmakologisnya

Akhir-akhir ini, ragam jenis daun seperti daun pepaya kembali menjadi tren di Indonesia. Kandungan daun pepaya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, berhasil membuat masyarakat kembali menggunakan bahan tersebut sebagai alternatif pengobatan. Penggunaan herbal seperti daun pepaya sebenarnya bukanlah merupakan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mewariskan berbagai ramuan herbal untuk pengobatan secara turun-temurun, salah satunya daun pepaya. Meskipun popularitasnya sempat tergeser oleh perkembangan metode pengobatan yang lebih modern, namun pada kenyataannya kandungan daun pepaya tak kalah ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan Kimia Daun Pepaya

Daun dari buah yang memiliki nama ilmiah Carica papaya ini diketahui memiliki beragam kandungan kimia yang berkhasiat obat. Antara lain enzim bromelin (enzim pengempuk), alkaloid karpaina, enzim papain, pseudokarpain, karposid, glikosid, saponin, kalsium serta banyak mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Dengan mengkonsumsi 100 gram daun pepaya kita telah mendapatkan asupan 11,9 gram karbohidrat, 8 gram protein, 2 gram lemak, 79kcal energy, 353mg kalsium, 63mg fosfor, 1mg zat besi, 18.250SI/mg vitamin A, 0,15mg vitamin B dan 140mg vitamin C.

Efek Farmakologis Kandungan Daun Pepaya

Papain: Papain merupakan kandungan daun pepaya yang memegang peranan penting dalam proses pemecahan protein menjadi arginin. Arginin sendiri adalah suatu asam amino yang secara normal tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, biasanya zat ini diperoleh dari mengkonsumsi makanan seperti telur dan ragi. Papain juga membantu dalam proses pengaturan asam amino serta pengeluaran racun dari dalam tubuh. Terbantunya fungsi tersebut oleh aktivitas biologis papain, secara otomatis juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, papain juga bersifat sebagai antiseptik yang membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Papain akan membantu menormalkan tingkat keasaman usus dan menjadikan keadaan flora dalam usus menjadi normal kembali.

Karpain: Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bouchut menyatakan bahwa daun pepaya memiliki khasiat sebagai antitumor dan antikanker. Kandungan daun pepaya yang memegang peranan penting tersebut adalah karpain. Karpain berperan untuk menghambat aktivitas beberapa mikroorganisme yang dapat mengganggu fungsi pencernaan di dalam tubuh.

Sitokinin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Florida, sitokinin mampu melawan berbagai sel kanker yang ada di dalam tubuh (seperti kanker hati, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker serviks). Sitokinin akan bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar mampu melawan sel-sel kanker tersebut.

Alkaloid karpain, flavonoid, papain, saponin, tanin, violaksantin, caricaksantin, nikotin, pseudokarpain, miosmin dan kontinin: Zat-zat tersebut diketahui mampu menghambat perkembangan virus Demam Berdarah Dengue (DBD) di dalam tubuh manusia. Kombinasi zat-zat tersebut akan bekerja dengan cara melemahkan dan membunuh virus DBD. Hal ini akan memicu peningkatan jumlah trombosit di dalam darah. Peningkatan trombosit ini akan membantu penyembuhan penyakit DBD.

Bagi perempuan, daun pepaya ternyata memiliki khasiat yang lebih dari sekedar sumber vitamin dan mineral. Menurut penelitian, perasan daun pepaya yang telah dihaluskan dan direbus untuk kemudian diminum airnya diketahui mampu menyembuhkan berbagai keluhan kewanitaan yang sering terjadi. Keluhan tersebut antara lain demam akibat nifas, keputihan, haid yang tidak teratur dan melancarkan air susu ibu (ASI). Jadi, tak ada salahnya bagi kita untuk mulai menggunakan daun pepaya kembali dalam pengobatan. Karena berbagai kandungan daun papaya tersebut dapat memberikan khasiat pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Demikianlah ulasan tentang beberapa kandungan dan khasiat dari daun pepaya, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel tentang: Efek samping daun pepaya

Related For Kandungan daun pepaya dan khasiatnya