Menu

Kandungan Daun Afrika

December 2, 2015 | Daun Afrika

Kandungan daun afrikaTetap Sehat dengan Tahu Kandungan Daun Afrika

Kandungan daun afrika ternyata menjadi trend obat herbal baru yang sangat positif ditanggapi oleh para herbalis dan pakar ilmu pengetahuan. Maka dari itu, akhir-akhir ini daun afrika menjelba menjadi obat herbal ternama dan salah satu solusi kesehatan yang sangat dipercaya oleh masyarakat luas. Akan tetapi, kehadirannya sendiri di Indonesia belum terlalu diketahui karena memang tanaman ini adalah bukan tanaman asli dari nusantara.

Walaupun bernama daun afrika, sebenarnya tanaman ini sama sekali bukan berasal dari Benua Afrika. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa tanaman ini berasal dari daratan Tiongkok. Dengan kandungan zat yang kaya ini, menjadikan daun afrika menjadi obat herbal yang paling dicari.

Kandungan daun afrika terdiri dari banyak zat, baik itu nutrisi alam dan kandungan kimianya. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kandungan dan betapa hebatnya daun afrika, kami ingin memberikan beberapa informasi tentang cara mengonsumsi dan mengolah daun afrika sendiri.

Jika daun ini dinamakan daun herbal, berarti Anda harus mengonsumsi secara rutin bahkan setiap hari selama yang anda bisa, atau sampai anda merasa sembuh dari apa yang Anda keluhkan. Maka dari itu, pengolahan daun afrika secara mandiri dirasa perlu untuk dilakukan dewasa ini.

Untuk mengonsumsi daun ini, Anda bisa dengan menggunakan cara dimakan langsung sebagai lalapan, walaupun memang rasanya sangat pahit. Cara berikutnya untuk anda yang tidak terlalu suka rasa pahit, Anda bisa merebus beberapa lembar daun Afrika, kemudian air hasil rebusan tersebut bisa anda minum setelah dingin sebanyak 1-2 gelas per harinya.

Banyak sekali juga metode pengolahan daun afrika yang bisa dilakukan, bahkan bisa digunakan untuk bisnis anda sendiri. Jika anda tidak suka rasa pahit, pengolahan dengan menggunkan kapsul adalah ide terbaik karena tidak menghilangkan kandungan daun afrika itu sendiri. Bahkan beberapa pengusaha mengolah daun afrika dengan menjadikannya sirup.

Pada awalnya, banyak orang yang ragu akan kandungan apa saja yang ada didalam daun afrika. Tetapi setelah sebuah jurnal dari Global Journal of Biotechnology and Biochemistry menyatakan bahwa ekstrak daun afrika mengandung dan meningkatkan angka CD4+, angka tersebut adalah angka yang digunakan dalam hal imunitas (daya tahan tubuh). Angka ini bisa digunakan untuk penderita HIV/AIDS, kemudian reaksi grafik yang bisa meningkatkan imun terjadi dalam kandungan di dalam daun afrika tersebut.

Para peniliti menyatakan bahwa ekstrak air dari daun afrika dalam dosis 200-800 mg/kg berat badan, dengan dikonsumsi selama 21 hari, terbukti meningkatkan angka sel CD4+  pada tikus percobaan.

Dengan informasi yang didapat, diambil kesimpulan bahwa daun afrika mengandung zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau immune booster pada kondisi kesehatan tertentu.

Itulah beberapa ulasan tentang solusi kesehatan dan kandungan daun afrika secara ilmiah.

Baca juga: Ciri Ciri Daun Afrika

Related For Kandungan Daun Afrika