Menu

Efek samping daun pepaya

November 21, 2015 | Daun Pepaya

Efek Samping Daun Pepaya Yang Mungkin Tak Pernah Anda Sadari

Sebagai negara yang kaya akan tanaman, Indonesia memiliki beranekaragam jenis buah dan sayuran. Salah satunya ialah pepaya yang telah lama berkembang di negara beriklim tropis Indonesia. Banyak orang yang mengenal pepaya sebagai buah yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Buah yang jika telah matang memiliki ciri tekstur yang lunak, berwarna merah dan memiliki rasa yang manis. Tanaman yang memiliki nama latin Carica papaya ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dimana saja, jadi sangat tidak mengherankan jika buah pepaya mudah ditemukan. Selain buahnya, bagian lain yang juga tak kalah banyak dimanfaatkan yaitu bagian daun pepaya. Daun pepaya tak hanya digunakan sebagai bahan pangan, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Namun, mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengetahui efek samping daun pepaya. Lantas apakah efek samping daun papaya?

Efek samping daun pepaya

Aborsi

Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain. Enzim papain memiliki kemiripan fungsi dengan oksitosin dan prostaglandin. Oksitosin dan prostaglandin merupakan hormon yang biasa digunakan untuk menginduksi persalinan dan meningkatkan kontraksi.

Antikoagulan (Pengencer Darah)

Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa enzim papain memiliki potensi untuk meningkatkan efek pengenceran pada darah.

Asam Urat

Daun pepaya memiliki kandungan purin, purin merupakan salah satu zat yang memicu terjadinya asam urat. Konsumsi daun pepaya berlebih akan menyebabkan kandungan purin yang masuk di dalam tubuh menjadi tinggi. Penumpukan purin yang tinggi di dalam tubuh ini yang akan memicu terjadinya asam urat.

Batu Ginjal

Dari 100 gram daun pepaya diketahui memiliki kandungan 140mg vitamin C. Kandungan tersebut ternyata melebihi nilai harian yang direkomendasikan untuk pemakaian vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dosis dari vitamin C ini dapat menjadi racun, salah satunya yaitu mampu memicu terjadinya pembentukan batu ginjal.

Gangguan Pernapasan

Efek samping daun pepaya seperti gangguan pernapasan muncul sebagai akibat dari adanya reaksi alergi yang kuat terhadap enzim papain yang terkandung di dalam daun pepaya. Reaksi alergi ini biasanya muncul sebagai akibat dari konsumsi daun pepaya yang berlebihan. Keluhan gangguan pernapasan yang ditimbulkan antara lain asma, mengi dan tersumbatnya jalan nafas pada saluran hidung.

Memperlambat Detak Jantung

Kandungan papain dalam daun pepaya dikenal mampu memperlambat laju detak jantung dengan cara yang berbahaya, salah satunya dengan memicu terjadinya kardiovaskular.

Sakit Perut

Banyak mengkonsumsi daun pepaya akan memicu berlimpahnya asupan serat dan lateks. Tingginya kandungan serat dan lateks ini menjadi penyebab utama terjadinya keluhan sakit perut. Zat-zat tersebut juga diketahui mampu mengiritasi perut yang akhirnya akan memicu sensasi mual yang tidak menyenangkan.

Sembelit

Daun pepaya dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Asupan serat yang tinggi ini juga harus diiringi dengan konsumsi air putih yang tinggi juga. Kuantitas air ini diperlukan untuk mengimbangi ketersediaan serat di dalam tubuh. Tingginya kandungan serat di dalam tubuh jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup akan menyebabkan pengerasan feses (tinja). Pengerasan kotoran ini akan menimbulkan kesulitan dalam buang air besar (BAB) yang tak jarang akhirnya menyebabkan sembelit.

Zat lain dalam daun pepaya yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan misalnya karpain. Konsumsi daun pepaya yang berlebih akan meningkatkan ketersediaan karpain di dalam tubuh. Jumlah tinggi karpain akan menurunkan denyut nadi yang akan mempengaruhi fungsi sistem saraf. Konsumsi daun pepaya yang tepat jumlah akan mampu menghindari terjadinya efek samping daun pepaya tersebut.

Related For Efek samping daun pepaya