Menu

Wow, Inilah 10 Manfaat Daun Sukun Yang Belum Banyak Diketahui

October 27, 2015 | Daun Sukun

Mungkin Anda pernah mendengar cemilan bergizi yang digoreng, dinamakan sukun goreng, dan ada pula yang merebusnya maka diberi nama sukun rebus. Cemilan ini berasal dari bahan baku utama yaitu buah sukun. Buah ini memiliki struktur yang lembut nikmat, gurih dan manis, serta membuat kenyang lebih lama karena merupakan sumber karbohidrat tinggi. Buah sukun berasal dari pohon sukun yang strukturnya menyerupai pohon kluwih. Selain buah sukun yang digunakan serta bermanfaat untuk pengolahan makanan ringan dan cemilan di sore hari bersama teh hangat, adapun bagian tanaman yang lainnya juga sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan Anda, yaitu daun sukunnya. Ciri-ciri dari daun sukun yaitu bentuk daunnya yang melebar, kemudian pola dari tulang daunnya yang membedakan dengan daging daunnya, berwarna jelas hijau daun, baik warna muda maupun warna tua. Namun biasanya yang dipakai adalah daun sukun yang sudah dikeringkan. Warna hijaunya benar-benar jelas dan khas dari tanaman sukun. Daun sukun yang telah dikeringkan ternyata berkhasiat dan mempunyai aktivitas bahan kimia seperti zat anti radang, zat tanin, riboflavin, serta zat antioksidannya juga cukup tinggi dan mempunyai banyak mineral penting bagi tubuh manusia. Berdasarkan penelitian telah ditemukan hasil dan fakta bahwa daun sukun telah dipercaya sebagai tanaman obat yang berkhasiat.

10 Manfaat dan khasiat daun sukun

10 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Berikut ini akan disampaikan lebih lanjut secara mendetail dan menyeluruh mengenai 10 manfaat daun sukun yang telah dikeringkan sebagai khasiat dan penyembuhan berbagai macam penyakit dan meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh manusia, antara lain:

Manfaat daun sukun untuk ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh dan fatal akibatnya apabila fungsi kerja dari organ ginjal memburuk atau tidak berfungsi sama sekali. Apabila tidak bisa bekerja dengan baik dan terjadi disfungsi maka diharuskan untuk melakukan dialisis atau pencucian darah paling tidak seminggu tiga kali. Karena biaya dan juga kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan pengobatan cuci darah, maka pengobatan secara alami menggunakan daun sukun kering sebagai khasiat seperti obat-obatan diuretic yang digunakan dalam ginjal. Dengan pengobatan yang rutin dan sabar selama beberapa bulan ke depan maka kesembuhan secara mendalam akan didapatkan seketika.

Khasiat daun sukun untuk kolestrol

Gaya hidup manusia di masa kini menjanjikan kehidupan yang mewah serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan cepat saji. Salah satunya yang beresiko adalah makanan seperti gorengan, yang memungkinkan pemasakan dengan cara menggoreng menggunakan minyak yang tidak sehat serta beberapa jenis jeroan atau lemak binatang seperti daging kambing, sapi, serta bagian kulit pada jenis unggas. Dengan konsumsi secara sering dalam jangka panjang, sudah dapat dipastikan kadar kolesterol akan meningkat drastis dan dapat menyumbat peredaran darah. Apabila hal ini dibiarkan, bisa berakibat pada terjangkitnya penyakit atau gangguan kardiovaskuler maupun sistem syaraf yang bisa menjadi penyakit stroke. Untuk menangani hal ini, bisa diatasi dengan daun sukun kering dengan mekanisme membuang atau membersihkan tumpukan kolsterol dalam pembuluh darah kemudian diproses menjadi lebih sederhana serta bisa diekskresikan dengan mudah melalui air kencing maupun feses.

Manfaat daun sukun untuk kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler merupakan suatu kasus terjangkitnya gangguan kesehatan dengan jumlah kasus yang cukup banyak serta dapat menimbulkan kematian. Hal ini disebabkan karena kejadian kambuhnya serangan pada organ jantung yang terjadi seperti pencuri, mendadak dan tidak dapat diprediksi secara mendetail. Perlu pemeriksaan serta pemantauan ekstra ketat dalam penanganan penyakit ini, akibat dari penyebab yang terjadi misalnya komplikasi penyakit stroke, gula darah, maupun penyakit ginjal. Dengan penggunaan daun sukun yang sudah dikeringkan bisa membantu menormalkan peredaran serta pembuluh darah. Caranya mudah, bisa menggunakan pengobatan air rebusan daun sukun ini secara teratur.

Khasiat daun sukun untuk kanker

Terjadinya penyakit kanker bisa disebabkan karena timbulnya perkembangan atau pembiakan sel kanker yang tidak terkendali. Mengapa bisa terjadi? Hal ini bisa disebabkan karena ketidaknormalan dalam perkembangan sel dan juga pengaruh radikal bebas yang biasanya terjadi akibat iklim dan kondisi cuaca memburuk. Sebagai penanganan serius untuk masalah ini bisa digunakan daun sukun kering kemudian direbus agar pengobatan kemoterapi secara kimia bisa dibuat dengan cara alami ini, berasal dari zat antioksidan yang teramat tinggi kandungannya.

Manfaat daun sukun untuk asam urat

Penyakit asam urat cukup banyak diderita oleh berbagai kalangan dan dapat menurunkan imunitas serta kekuatan dari tubuh. Apabila hal ini dibiarkan bisa bertambah parah dan berkelanjutan pada pembengkakan serius di bagian sendi juga ketidakberdayaan untuk berjalan secara normal hingga kelumpuhan. Radang sendi disebabkan oleh peningkatan adanya asam yang melingkupi pembuluh darah. Penderita yang lanjut usia kemungkinan ada komplikasi seperti gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi. Pengeringan daun sukun dapat memberikan khasiat penting dan bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah secara bertahap.

Khasiat daun sukun untuk penyakit hati

Hati berfungsi untuk menetralisir toksin dan racun yang ada di seluruh tubuh kita sehingga dapat pulih sediakala. Karena fungsi kerja liver atau hati yang sudah berat, dengan gaya hidup dan pola makan yang buruk seperti konsumsi minuman beralkohol dan merokok juga bisa karena kelainan, sehingga dapat mengganggu fungsi hati. Salah satu dari 10 manfaat daun sukun ini adalah dalam pengobatan liver, dengan jalan meminum air rebusan daun sukun yang telah kering agar pembengkakan serius di hati bisa dikurangi dan dihilangkan sedemikian rupa.

Manfaat daun sukun sebagai anti alergi

Penyakit selanjutnya adalah berupa kelainan atau penolakan dalam menghadapi sesuatu masukan yang asing entah itu makanan ataupun benda yang terasa asing bagi tubuhnya sendiri. Gejalanya bisa bermacam-macam mulai dari gatal-gatal skala rendah hingga tinggi kemudian demam dan masih banyak lagi yang lainnya. Kejadian ini disebabkan karena adanya ketidakmampuan pembentukan hormone dan anti alergi alami dalam tubuh. Dengan pengobatan alami menggunakan daun sukun yang dikeringkan bisa menghentikan penyakit ini, asal dibarengi dengan pemantauan dan pencegahan dari tempat asal allergen serta daya tahan tubuh yang kuat.

Khasiat daun sukun untuk kesehatan organ limpa

Organ selanjutnya di dalam tubuh yang akan disorot adalah limpa. Limpa apabila tidak dalam performa yang maksimal menyebabkan terjadinya pembesaran atau pembengkakan organ limpa akibat dari disfungsional kerja limpa serta racun yang sudah terlampau jauh jumlahnya dari batas yang ditunjukkan. Adanya pola hidup dan makanan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan fungsi limpa menjadi rusak. Peran dari daun sukun yang telah dikeringkan ini dengan khasiat penghilang racun serta pencucian atau penetralisir berbagai macam toksik merugikan dari tubuh.

Manfaat daun sukun untuk mulut dan gigi

Penyakit gigi dan mulut serta gusi biasanya terjadi akibat dari lubang atau plak yang dihasilkan akibat pola kebersihan yang kurang. Bagaimana tidak, karena penyikatan gigi yang jarang dan tidak teratur membuat sisa-sisa makanan menumpuk memunculkan bakteri serta kuman yang bandel. Dengan pengobatan rutin dari daun sukun yang telah dijemur serta dikeringkan sedemikian rupa dapat membasmi segala macam bentuk bakteri atau kuman membandel penyebab lubang serius pada gigi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan berkumur pada air rebusan dari daun sukun ini sehingga khasiatnya bisa dilihat dari efek analgesiknya yang menghilangkan rasa sakit juga antiseptic alami.

Khasiat daun sukun sebagai anti pendarahan

Keunggulan selanjutnya yang kesepuluh ini adalah sebagai anti pendarahan yang ampuh sebagai pembekuan darah agar darah tidak mengucur deras ketika ada pendarahan. Hal ini biasanya terjadi paling umum pada kasus ibu yang sedang atau selesai melewati masa kelahiran bayinya yang bila dibiarkan bisa memicu kekurangan darah hingga transfusi. Adanya zat-zat kimia tertentu dalam daun kering sukun dapat ikut memberikan peran dalam melancarkan sirkulasi darah dan bisa membekukan darah yang yang terlalu encer agar pendarahan tidak terjadi terus menerus. Dengan pengobatan rutin, ibu meminum air rebusan daun sukun yang kering pasca melahirkan supaya tubuh si ibu dapat membaik serta fit seperti semula.

Setelah mengetahui beragam fungsi serta manfaat penting dari daun sukun ini, ada baiknya jika kita lebih peka, kemudian mulai mencari-cari serta menelusuri lebih dalam mengenai keberadaan tanaman sukun, mulai mencari-cari daunnya yang bagus dan hijau serta tua, dan bisa mulai meracik ramuan obat alami berasal dari daun sukun yang sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu. Bagaimanakah caranya? Cukup mudah, apabila Anda menyimak dengan cermat dan teliti proses terjadinya air ramuan ini, berikut beberapa tahap pentingnya untuk Anda!

Baca juga:

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Berikut Beberapa Efek Sampingnya

Inilah 10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Berikut Cara Penyajiannya

Inilah 10 Manfaat Daun Binahong Yang Akan Mengejutkan Anda

Cara membuat ramuan daun sukun

Khasiat daun sukun

Yang pertama dan utama adalah memilah-milah daun sukun mana yang akan dibuat ramuan berkhasiat, yang tua dan siap diracik, warnanya hijau pekat. Apabila pemilihan daun terlalu muda, maka khasiat yang didapatkan akan kurang intensitasnya, karena zat-zat kimia yang terkandung di dalam daun akan semakin tinggi apabila terdapat di daun sukun muda.

Selanjutnya adalah mencuci hingga bersih daun sukun dan sikat bila diperlukan. Pastikan daun tidak cacat ataupun ada kekurangan seperti luka atau jamur penyakit.

Daun sukun dipotong-potong menjadi bagian kecil ketika keadaannya masih basah.

Daun sukun ini selanjutnya dijemur secara alami tepat dibawah cahaya matahari langsung hingga kering. Hindarkan dari tempat lembab atau pengaruh air hujan.

Setelah proses pengeringan secara menyeluruh, daun sukun ini bisa direbus hingga menghasilkan cairan kental berwarna kecoklatan hijau.

Hasil rebusan yang berupa cairan kental coklat ini selanjutnya disaring agar beragam kotoran atau partikel-partikel pengganggu yang tidak berperan penting pada kelangsungan khasiat kegunaan dari daun sukun ini.

Dalam pengkonsumsian obat herbal alami ini bisa dilakukan setiap hari tanpa ada batas waktu, selagi masa penyembuhan sampai pemulihan terus dijalankan, minum secara teratur ramuan daun sukun ini. Memang agak sedikit pahit dan kurang nyaman digunakan, untuk mengatasinya bisa dicoba dengan penambahan pemanis madu alami ataupun gula batu sebagai penambah rasa sedap di minuman obat ini, dan tidak menyerupai jamu. Meminum ramuan pada akhirnya bisa dengan menyenangkan tanpa ada paksaan dari siapapun demi menjaga kesehatan.

Semoga dengan artikel 10 manfaat daun sukun bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi penting tentang obat pilihan herbal alami yang bisa dicari di sekitar lingkungan dan harganya murah serta mudah didapatkan. Selain pengobatan rutin selayaknya harus diimbangi dengan olahraga rutin serta menjaga pola makan dan juga pola hidup serta gaya hidup sehat.

Related For Wow, Inilah 10 Manfaat Daun Sukun Yang Belum Banyak Diketahui