Menu

Inilah 10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

October 31, 2015 | Daun Afrika

Manfaat dan khasiat daun afrika – Mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengenal tanaman obat daun afrika, atau bahkan mungkin Anda masih sangat asing dengan nama tanaman obat tersebut. Hal ini dikarenakan penggunaan tanaman obat daun afrika sendiri memang belum sepopuler tanaman obat lainnya.

Manfaat dan khasiat daun afrika

Pemanfaatan daun afrika dalam dunia pengobatan sebenarnya memang sudah ada sejak dahulu. Khususnya di negara yang sangat terkenal akan pengobatan tradisionalnya yaitu Cina. Masyarakat Cina sudah sejak lama menggunakan daun afrika sebagai bahan bahan baku dalam praktek pengobatan tradisional mereka. Mereka lebih sering menyebut daun afrika ini sebagai Nan Fei Shu, namun ada pula yang menyebut daun afrika ini sebagai Nan Hui Ye.

Hal inilah yang kemudian membangkitkan proyek penelitian akan khasiat dari daun afrika dalam dunia kesehatan. Hingga pada akhirnya, berbagai ahli pengobatan baik dari tenaga ahli medis hingga ahli herbal mulai menggunakan daun afrika untuk meneliti khasiatnya. Dimana kemudian hasil penelitian tersebut mengakui khasiat daun afrika dalam dunia kesehatan.

Kepopuleran tentang khasiat daun afrika dalam dunia pengobatan tradisional di Asia Tenggara sendiri telah merambah hingga Malaysia dan Singapura. Bahkan di Malaysia sendiri daun afrika ini lebih dikenal sebagai daun kupu-kupu (butterfly leaf).

Pohon tanaman obat yang satu ini dapat dengan mudah tumbuh subur pada lingkungan yang tropis ataupun sub tropis, yang sangat cocok untuk dibudidayakan di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis. Cara pengembangbiakan tanaman obat ini adalah dengan cara stek batang. Hanya dengan menanamkan batang tanaman obat ini pada tanah atau lahan yang telah diberi pupuk, tinggal menunggu beberapa waktu maka batang tersebut akan mulai mengeluarkan cabang dan mulai mengeluarkan daun yang lebat.

Tanaman obat ini memiliki daun dengan karakter daun yang kecil dan memiliki permukaan yang agak kasar dan terlihat mengkilap. Jika tanaman obat ini tumbuh pada iklim yang sangat mendukung, tak jarang tanaman obat ini akan mengeluarkan bunga. Bunga yang terbentuk memiliki ukuran yang kecil dengan warna putih. Batang dari tanaman obat ini dapat tumbuh dengan tinggi dan cepat mengeluarkan daun yang lebat.

Sudah sangat jelas bagian yang digunakan sebagai pengobatan dari tanaman obat yang satu ini adalah bagian daunnya. Walaupun di beberapa negara seperti Afrika, Cina dan India juga memanfaatkan bunga dari tanaman obat ini sebagai pengobatan. Namun pemakaian bagian bunga ini sendiri masih sangat jarang, karena sulitnya untuk mendapatkan bahan bakunya.

Berdasarkan hasil kesimpulan dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh berbagai ahli pengobatan di Afrika, Australia, Cina, India dan beberapa negara lainnya, khasiat pengobatan yang dimiliki daun afrika antara lain untuk mengobati keluhan batuk, demam, diabetes mellitus, reumatik, hipertensi (tekanan darah tinggi), asam urat, insomnia (sulit tidur), kanker, sakit kepala yang berkepanjangan, infeksi kerongkongan, peluruh dahak, menurunkan berat badan, malaria, gangguan pencernaan, sakit perut, melancarkan buang air seni, menurunkan kolesterol, menghilangkan flek-flek hitam, sering kesemutan, mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke serta detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh). Kandungan zat berkhasiat yang diduga memegang peranan penting fungsi pengobatan dari daun afrika yaitu asam esensial, asam fenolat, asam lemak, zat-zat antioksidan, zat-zat anti inflamasi serta berbagai kandungan mineral dan vitamin. Daun afrika juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh dan kaya akan kandungan zat berkhasiat lain seperti asam ceffeoylquinic, beta sitosterol dan quersetin.  Dan dibawah ini info lengkap tentang khasiat daun afrika

Berikut adalah pemaparan lebih lanjut terhadap 10 manfaat dan khasiat daun afrika:

Khasiat daun afrika1. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika Untuk Mencegah Kanker

Kita Mulai dengan Khasiat daun afrika yang pertama yaitu untuk mencegah penyakit kanker: Faktor utama terpicunya sel kanker di dalam tubuh kita adalah akibat banyaknya paparan dari radikal bebas dan zat berbahaya. Masuknya radikal bebas dan zat berbahaya tersebut ke dalam tubuh dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penerapan pola hidup yang tidak sehat, konsumsi makanan yang tidak memperhatikan nilai kesehatan ataupun paparan langsung dari berbagai zat polutan yang ada di lingkungan sekitar, seperti asap hasil pembakaran ataupun asap dari polusi kendaraan bermotor. Hal-hal tersebut dapat dengan mudah memicu sel kanker yang ada di dalam tubuh jika terlalu lama mengendap dan tidak dilakukan tindakan pembersihan. Kabar buruknya adalah peningkatan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh tidak dapat dideteksi dengan mudah, karena tidak adanya gejala khas yang muncul pada awalnya.

Peranan daun afrika untuk mencegah terjadinya penyakit kanker adalah dengan cara menangkal radikal bebas. Kandungan zat antioksidan yang dimiliki oleh daun afrika akan bekerja secara otomatis jika ada radikal bebas di dalam tubuh. Zat antioksidan tersebut akan membersihkan radikal bebas dan zat berbahaya yang ada di dalam tubuh, dan akan mengeluarkannya melalui proses ekskresi. Zat antioksidan juga akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh manusia dengan cara memperkuat daya tahan tubuh manusia.

2. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Mencegah Penyakit Jantung

Penyebab terjadinya penyakit jantung sangatlah beragam. Namun kebanyakan, penyakit ini disebabkan oleh menurunnya kemampuan jantung untuk mengolah dan mengatur gerak pompa jantung yang akan mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi dari daun afrika baik secara langsung ataupun dalam bentuk rebusan diketahui dapat meningkatkan kerja jantung untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan oksigen dan darah dalam beraktifitas. Konsumsi daun afrika juga membantu tubuh menyediakan zat yang mampu menghilangkan plak yang terdapat di dalam pembuluh darah yang menuju ke jantung.

3. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Menurunkan Kolesterol

Penyebab utama terjadinya peningkatan kadar kolesterol di dalam darah diakibatkan oleh konsumsi berlebih dari lemak daging hewan, makanan-makanan yang berminyak dan sumber makanan lain yang tinggi kadar kolesterolnya. Tingginya kadar kolesterol sendiri diketahui mampu memicu terjadinya berbagai macam penyakit seperti gagal ginjal, jantung dan stroke. Konsumsi daun afrika akan membantu untuk memecah kolesterol dan membakarnya menjadi energi yang digunakan oleh tubuh untuk beraktifitas, sehingga penumpukan kolesterol di dalam tubuh dapat terhindari.

4. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Mengurangi Resiko Stroke

Resiko terjadinya serangan stroke dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun afrika secara teratur. Kandungan khusus di dalam daun afrika diketahui dapat membantu pengaturan kelancaran sistem metabolisme di dalam tubuh, mengatur kelancaran aliran darah di dalam tubuh sehingga resiko tekanan darah tinggi dapat dihindari serta menghilangkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang dimetabolisme menjadi energi untuk tubuh beraktifitas.

5. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Konsumsi daun afrika sebanyak dua kali sehari secara teratur diketahui dapat menggantikan fungsi insulin. Insulin sendiri merupakan enzim penting yang diproduksi oleh pankreas secara alami dan berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi jika kandungan gula di dalam darah tinggi. Pada beberapa kasus penyakit, banyak orang mengalami penurunan bahkan kerusakan fungsi tubuh dalam memproduksi insulin. Sehingga dengan mengkonsumsi daun afrika, akan membantu tubuh untuk memetabolisme kelebihan kadar gula yang ada di dalam darah.

6. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Mengatur Sistem Tekanan Darah

Daun afrika memiliki kandungan senyawa yang memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi dan menormalkan kembali tekanan darah tersebut. Untuk memaksimalkan kerja daun afrika tersebut dalam pengaturan sistem tekanan darah, akan sangat baik jika daun afrika dikonsumsi secara langsung atau dalam keadaan segar sebagai lalapan.

7. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Mengobati Gangguan Pencernaan

Berbagai gangguan dalam saluran pencernaan sangat umum didapati sebagai akibat dari buruknya kerja dari sistem pencernaan kita. Gangguan pencernaan yang mampu diatasi oleh pemanfaatan daun afrika antara lain diare, kembung, sakit perut dan sembelit. Cara penggunaan daun afrika untuk mengatasi keluhan tersebut sangat mudah, Anda dapat mengkonsumsi daun afrika yang diseduhkan ke dalam air panas ataupun teh panas, sebaiknya jangan ditambahkan pemanis apapun termasuk gula dan madu agar khasiatnya cepat diperoleh.

8. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Detoksifikasi

Proses detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh ini dilakukan oleh zat antioksidan yang terkandung di dalam daun afrika. Proses ini sangatlah penting, mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan dari penumpukan racun di dalam tubuh seperti timbulnya resiko penyakit jantung, kanker, diabetes, tumor dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh disarankan untuk mengkonsumsi seduhan daun afrika sebanyak satu gelas per hari secara teratur.

9. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Menurunkan Berat Badan

Daun afrika dapat menurunkan berat badan dengan cara membantu kelancaran sistem metabolisme berbagai makanan yang kita konsumsi setiap harinya menjadi zat yang bermanfaat bagi tubuh untuk bekerja. Dengan lancarnya sistem metabolisme ini maka tubuh terhindar dari penumpukan karbohidrat dan lemak yang berlebih yang menjadi pemicu utama meningkatnya berat badan. Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi air rebusan daun afrika sebanyak satu kali dalam sehari yang diimbangi dengan olahraga, pola makan yang baik dan istirahat yang teratur.

10. Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Melancarkan Buang Air Seni

Hal ini biasanya sering dialami oleh golongan usia lanjut. Untuk mengatasi keluhan ini biasanya disarankan untuk mengkonsumsi seduhan daun afrika sebanyak satu gelas setiap harinya. Namun jika keluhan dirasa sudah bisa diatasi, sebaiknya konsumsi daun afrika dihentikan. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tetap terbiasa melakukan fungsinya secara normal tanpa bantuan zat tambahan apapun.

Cara Pemakaian Daun Afrika

Daun afrika dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara menjadikan daun afrika segar yang telah dicuci bersih sebagai lalapan, namun tentunya cara ini agaknya kurang menyenangkan bagi Anda karena daun afrika memiliki rasa yang pahit. Namun ada juga yang dengan mengunyah langsung daun afrika yang telah dicuci bersih setiap hari sebanyak satu lembar daun.

Cara pemakaian lain yaitu dengan membuat air rebusan daun afrika. Air rebusan ini dibuat dengan cara merebus 5-7 lembar daun afrika yang telah dicuci bersih ke dalam tiga gelas air, panaskan air hingga mendidih dan tunggu hingga airnya menyusut menjadi satu gelas, kemudian diamkan sebentar agar dingin dan air rebusan siap untuk dikonsumsi. Cara lain yang lebih menyenangkan yaitu dengan melakukan penyeduhan daun afrika. Hal ini dapat dilakukan dengan daun afrika yang masih segar ataupun daun afrika yang telah dikeringkan. Caranya adalah dengan menyeduh 3-5 lembar daun afrika pada segelas air panas ataupun teh panas, hindari pemakaian gula yang dapat diganti dengan menambahkan satu sendok teh madu.

Demikianlah ulasan yang sangat lengkap tentang beberapa manfaat da khasiat daun afrika untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar obat alami khususnya daun daunan berkhasiat seperti daun afrika ini.

Related For Inilah 10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan